RSS

Ragam tips membeli mobil bekas

17 Sep

Mempunyai mobil bekas bukan berarti mempuyai mobil yang kurang bagus baik dari komponen mesin maupun tampilan luarnya. Banyak sekali sekarang dijual mobil-mobil bekas yang bagus baik dari segi komponen mesin dan interiornya maupun dari segi desain exteriornya.

Namun agar kita tidak salah pilih mobil bekas yang akan kita beli, sebaiknya kita ikuti tips membeli mobil bekas berikut ini.

1. Cari tempat pembelian mobil bekas yang tepat

Saat ini banyak sekali dealer yang menawarkan mobil bekas pada cuctomersnya. Tugas kita adalah memilih dealer mobil yang terpercaya dimana dealer yang kita pilih bisa memberikan garansi kepada setiap pembelinya. Atau jika kita akan membeli mobil dari penjual perseorangan, sebaiknya kita pilih penjual yang sudah kita kenal dengan baik seperti teman dekat atau kerabat.

2. Minta tolong rekan Anda yang lebih pandai dalam hal membeli mobil untuk membantu Anda memilih mobil bekas.

3. Hitung dana kita

Menghitung supply dana merupakan salah satu tips membeli mobil bekas yang sangat penting. Sebelum kita akan membeli mobil, sebaiknya sesuaikan harga mobil dengan dana yang kita miliki.

Jika harga mobil yang akan dibeli terlalu tinggi, sebaiknya kita mencari dealer lain yang mempunyai daftar harga yang lebih rendah. Atau jika kita masih kekeuh untuk memiliki mobil tersebut, usahakan kita bernegosiasi harga dengan sang penjual. Ada baiknya bagi kita untuk mencari tahu daftar harga mobil bekas dari internet agar kita bisa mengkategorikan harga mobil bekas yang mahal dan yang terjangkau.

4. Periksa dan Test Mobil dengan teliti
Setelah kita sepakat masalah harga, kemudian tips membeli mobil bekas berikutnya adalah memeriksa dan menge-test mobil dengan teliti. Jangan sampai kita menemukan ada beberapa ketidakberesan dalam mesin mobil atau bagian mobil lain.

Jika kita menemukan satu saja atau lebih dari satu ketidakberesan pada mesin atau bagian mobil lain, kita harus melaporkan segera kepada si penjual sesegera mungkin.

5. Tujuan membeli mobil

Tentukan jenis mobil yang akan dibeli berdasarkan penggunaannya. Misalkan, bila digunakan untuk menjemput anak sekolah, pilih mobil yang menawarkan ruang lega. Atau untuk keperluan transportasi kerja, pilih yang nyaman dan irit bahan bakar. Gaya hidup Anda juga berperan menentukan jenis mobil yang akan dibeli.

6. Tentukan fitur-fitur yang harus ada di mobil yang hendak Anda beli

Seperti AC, aneka macam power, CD charger dll. Tulis semua dalam list. Termasuk pula fitur-fitur safety seperti rem ABS, airbag, child door lock, dll. Ketika Anda sedang memeriksa mobil bekas yang Anda minati, pastikan Anda memeriksa dengan seksama fitur-fitur tersebut.

7. Jangan pernah membeli mobil bekas tabrakan yang parah, terutama yang terkena tabrakan frontal. Akan ada banyak masalah yang timbul belakangan akibat dari tabrakan parah tersebut.

8. Jangan langsung membeli mobil bekas saat Anda pertama kali melihatnya, bersabarlah. Coba dulu mobil tersebut, biasanya masalah akan terdeteksi jika mobil dicoba di jalan terlebih dahulu.

9. Jangan percaya langsung jika pemilik berkata bahwa mobil ini tangan pertama dan hanya dipakai di jalan tol saja. Kemungkinannya adalah mobil tersebut adalah bekas dari perusahaan rental.

10. Jangan terlalu skeptis dan kasar terhadap penjual mobil tersebut. Walaupun kita kurang percaya kepada penjual mobil, namun banyak juga penjual mobil yang benar-benar jujur.

Harus diingat, membeli mobil bekas bisa juga membeli problem orang lain.
Pastikan Anda mengetahui sejarah mobil bekas yang diinginkan termasuk perawatannya. Hal ini bisa diketahui dari kartu perawatan mobil. Gali informasi sedetail mungkin termasuk apakah pernah tenggelam, kecelakaan, turun mesin dll. Sebelum memutuskan untuk membelinya, mintalah mekanik ahli untuk memeriksanya.

Test drive itu penting
Usahakan Anda mendapat kesempatan melakukan test drive sejauh mungkin dengan aneka variasi jalan. Bisa juga mencoba ke daerah dimana mobil itu akan sering digunakan.

Buka tutup mesin dan perhatikan apakah ada pipa yang bocor, belt yang aus, oli yang berceceran
Duduklah di kursi pengemudi, dan periksa apakah seluruh indikator bekerja baik, demikian pula lampu indikator. Periksa juga tanda-tanda kerusakan karena air (lihat tip cegah bencana susulan). Periksa sistem safety, mulai dari seat belt, head restrain, struktur atap, child seat anchor.
Demikian pula jarak pandang dan daya pancar lampu utama. Hal itu bisa dilakukan saat test drive. Cobalah untuk mengendarai mobil pada kecepatan 60 – 80 km/jam dan rasakan apakah pergantian gigi bisa lembut, kemudi selalu lurus, ketika direm tetap stabil, dan ketika menikung juga smooth

Hati-hati dengan pemalsuan odometer
Hal ini sering dilakukan penjual nakal yang ingin meningkatkan value mobil yang dijualnya. Jadi jangan tertipu dengan angka-angka yang tertera di odometer.

Source :

http://www.perempuan.com

http://www.mobkasmurah.com/tips-membeli-mobil-bekas/

http://www.ford.co.id/buying/car-tips/used-vehicle

About these ads
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 17/09/2012 in Topik hari ini

 

Berikan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: